Thursday, February 9, 2012

Magic happen

Tetiba dikirimin rincian pengeluaran sama suami. Hedeuuh! Kaya baru tersadar kalo kami bedua ini ya emang masih kelasnya pegawe yang istilah kata nih ye masih paycheck to paycheck. Duilee, hasrat untuk hidup bagai kaum hedonis ya harus ditelan mentah-mentah dan dijauh buang-buang, huahahahaha! Liat itu lemari, baju sma asepatu ko bisanya pating dorodot gitu. Sumpeeehh itu baju dan sepatu udah gw kurangin banyaaaaaaakkk banget dulu! T_T Laah,estri udah ngurangin nah suami malah nambahin :D *dilemma yaaaaa

Ini nih yang disebut-sebut kaum middle class. Yang gajinya alhamdulillah lumayan, bisa beli ini itu, liburan sana sini, shopping di S'pore (ceritanya, tapi bukan gw sih :p) tapiiiiii..coba sanah cek arus kas, aset nya dan lain-lain. Pegimane? Investasi? Tabungan??? Berapa coba berapa??? *toyordirisendiri. Kalo nabung mah teteup kudu wajib ada ya, apalagi newlyweds begini yang rencana ke depannya masih kaya sinetron Cinta Fitri jaman dulu. Hufhh! Kemarenan diversifikasi nya ke logam mulia, sempet reksadana juga tapi berenti. Kepikiran untuk lanjut lagi deh kayanya. Tapi ya kudu harus punya rencana keuangan yang komprehensip dulu ceuk teteh Ligwina mah. Ahhh, geraah hidup begini. Harus ada yang berubah, HARUS!

Mulai diri sendiri. Again. Quote ini emang udah yang paling bener. Mana bisa gw ngubah habit ini kalo cuma diem atau ngandelin gaji suami naik misalnya. Atau ya gaji peenes gw naik. Kalo pun iye ya ga signifikan ya, wong naik paling 10% doang. Harus ada yang dibenahin dari segi pengelolaan keuangan. Udah rela ko sekarang ga harus punya tas baru, sepatu baru, baju baru *emm dikit, tapi untuk kerudung baru rada susah yaa, hihihihi.  Sekarang apa-apa banyaknya buat rumah. Bersyukur duluuu ini mah sama apa yang udah dipunya. Focus on what we need, not on what we want! Sampe nyokap pernah nanya "itu cukup duitnya buat bayar ini-itu?" duuhhh, mamaaahhh..alhamdulillah cukup ko. Cuma hasrat untuk beli semua isi mol aja yang harus ditahan, hahahaha! Mol itu jadinya kaya bubble gitu ya. Pas masuk, ploop..keliatan semua yang indah-indah, enak di mata, adem nyess gitu. Pas keluar, ploppp..eh kena lagi debu asep dan ngebaswei lagi. Itu reality. Yang sebelumnya mungkin mimpi :D Ya mimpi laah kalo pas keluar mol tetep ga bisa nenteng tasnya YSL atawa Channel itu mah kan. 

what to do ? Hal kecil dulu. Alhamdulillah cita-cita untuk akhirnya ngeramein dunia usaha mulai ada jalannya walaupun skalanya masih piyiiikk banget. Kerja bareng sama temen, nyoba bikin terobosan yang bisa ngangkat usaha lokal. Kenapa usaha lokal ? Imo, ya ini juga kan yang pada nantinya akan menggerakkan perekonomian negara. Coba itu para pengrajin kecil di daerah. Kualitasnya ga kalah ko, cuma ya mereka minim dana, pelatihan juga ya udah jarang da darimana duitnya. siapa yang peduli kalo bukan kita, sesama sodara. Kebanyakan dibiarin ya ga salah juga kalo endingnya ada pihak asing yang hire mereka, bikin produk dan dijual dengan harga selangit. Miris ah! Abis itu konsumen lokal misuh-misuh gara-gara beli barang lokal aja ko mahal sik ?! Meennn, ini barang buatan negri lohh, karya anak bangsa, u should've proud of it! Gw antusias banget sama makin banyaknya desainer dan pengusaha lokal yang karyanya ckckckck..kereeenn! Harga emang luamayan ya untuk gw si kaum middle class ini. Tapi gw dukung supaya bangsa ini bisa lebih maju *okeh, apa gw udah terlihat cukup nasionalis dan patriotik kah disini ? :D My point is, lo ga harus beli barang dengan harga yang cukup untuk bisa bayar kosan sebulan itu tapi lo bisa tiru cara mereka dengan cara lo sendiri. 

Gw suka gerah abisnya kalo ngomentarin yang terjadi di sekeliling gw. Contoh aja soal naik angkutan umum. Yang ngebaswei itu yaa, kan banyaak dan dari berbagai macam golongan. Geregetnya itu sama budaya antri yang ga ketolongan deh ngaconya. Gemessss! Kalo orangnya deket sama gw pasti udah gw colek golok sambil suruh dia antri. Kalo mau enak ya emang naksi sih ya atau bawa mobil. Tapi dealing with macet dan ongkos naksinya ?? Meenn, am so middle class ya disini. Selama gw sehat walafiat mah gw milih baswei deh demi keamanan dompet, hahaha. Wacana bawa mobil sendiri gw tolak mentah-mentah. Gw lebih sayang sama kesehatan jiwa gw dengan cara ngebaswei yang resiko emosi jiwanya jauh lebih kecil daripada bawa mobil. Walopun resiko lo kecopetan atau apa mungkin meningkat, nauzubillla jangan sampe ya. Naik mobil mah udah paling bener disetirin suami, Kalo doi kesel ya kan ada gw yang bisa nenanngin, hahahahaha *ketawacurang

At the end, all i wanna say. Gw yakin kalo semua orang mulai dari dirinya sendiri, mulai lakuin hal-hal positif, sekecil apapun itu, pasti akan berdampak positif juga. Maybe it takes time. But it all worth the result. Don't mind what people tell you to do this and that. Do what u want to do, now! What i feel now is, kalo apa yang gw lakuin selama ini bisa bikin gw merasa sebagai manusia yang punya pencapaian hidup yang lebih baik, then WHY NOT ? 

Create your best universe. Love your life. And see the magic happen. Don't blink. 

3 comments:

Mia Utami Putri said...

aaaah ka Nisa subhanallah..
Bener banget dimulai dari sesuatu yang kecil. aku juga lagi berusaha keras banget untuk meminimalisir pengeluaran sebulan. aku juga mikir kalo nanti aku udah nikah dan masih kaya gini terus, kapan investasinya buat anak dan masa depan *sok tua ya aku* hahaha beneran, it's hard to face the reallity but nothing impossible.. let the magic happen ;)

Semangat ka nisa dan ka dhimas :D

Nisa said...

hihihihi banget deh mi. ayoo mulai dr sekarang. keliatannya sepele loh manage keuangan itu tp nyatanya huoohhhhh. hrs lbh care sm hal" kaya gini. berusaha jd generasi yg ga nyusahain, biar nantinya pas tua kita ga nyusahin anak juga. sukses mulia itu jd wajib! :D *cieeh bgt gas ih mi
aminnn dulu ah

makasi doanya sayaang, sukses trus yaa :D oya, aku udh kirim shawlnya ya kmrn, mdh'an cpt sampe ;)

Suci 'chichi' Lestari said...

hai kak aniiissss..
seneng baca blognya.. :)
satu kantor tapi ga pernah ngobrol dehh,, :) kata si teteh henny lagi bisnis kecil2an yah? sukses yah kak.. :)